"Kata Tuhan buat saya, tidak lebih dari ekspresi dan produk kelemahan manusia, Alkitab adalah kumpulan tulisan-tulisan berharga, tapi tetap masih merupakan legenda primitif yang agak kekanak-kanakan."
"Ilmu tanpa agama cacat, agama tanpa ilmu buta" (Albert Einstein)

Metafisika Isra' Mi'raj

Kawasan alam spiritual dimulai ketika kawasan alam duniawi berakhir. Karena dimensi-dimensi metafisika berada di luar jangkauan pemahaman manusia, dengan keterbatasan ilmu dan pengalamannya, maka pengalaman alam-maya tidak dapat diuraikan dengan bahasa manusia. Hanya dapat diuraikan dengan pengalaman kontinum tiga dimensi. Kaum ilmiawan dan rasionalis menolak yang gaib karena tidak tertangkap panca indera dan mengungguli keterbatasan-keterbatasan logika dan panca indera.

Perjalanan ruhani Nabi Muhammad saw. di malam hari dari Mekah ke Jerussalam, yang terkenal dengan nama Isra dan naiknya beliau secara jasmani maupun rohani menyeberang tujuh lapisan langit sampai ke tahta Yang Maha Kuasa (Arsy), yang dikenal sebagai Mi'raj, kemudian kembali ke Mekah dalam waktu yang sangat singkat merupakan tantangan terbesar yang pernah disodorkan Tuhan kepada kaum empiris maupun rasionalis.

Surat yang diberi judul Bani Israil membahas peristiwa Mi'raj, Tauhid dan yang gaib seperti surga, neraka, pahala dan siksa di hari akhirat merupakan bahasan utama surat ini. Pada akhir surat, Tuhan mewahyukan kepada RasulNya bahwa orang-orang Quraisy Mekah telah bertekad untuk mengusir beliau dari Mekah. Peringatan juga telah diberikan kepada kaum kafir bahwa jika Rasulullah cidera atau terusir dari Mekah, maka orang-orang Mekah akan mengalami suatu bencana yang sama dengan bencana yang pernah memusnahkan kaum-kaum sebelum mereka, ketika mereka mengusir Rasul-rasul Allah dari tanah airnya. Surat ini menjelaskan bahwa Qur'an adalah wahyu terakhir dan otoritas Ilahi. Qur'an diawali dan di akhiri dengan pujian bagi Yang Maha Kuasa. Kontroversi mengenai Mi'raj telah menyebabkan gelombang ketegangan dahsyat di kalangan kaum Quraisy yang memungkiri Rasulullah saw. Badai itu belum berhenti. Syeh Qutub, seorang pemikir besar Islam, menjelaskan bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa itu Maha Perkasa untuk mengangkat hambanya secara jasmaniah, seperti yang pernah dilakukanNya atas Nabi Isa as. Menolak Mi'raj sama saja dengan memberi kendala pada ketidakterbatasan Tuhan. Baik Isra' maupun Mi'raj merupakan tahap akhir perkembangan ruhani Rasulullah saw. Keduanya menggabung ilmu mengenai keseluruhan penciptaan atau makhluk, yang terlihat maupun gaib, seperti bumi, bulan, bintang-bintang, angkasa luar, surga, dan neraka maupun proses pahala dan siksa. Kesemuanya merupakan gemblengan Ilahi terhadap Rasulullah yang bersifat audio-visual mengenai misteri yang Gaib serta menyempurnakan keimanan Yang Gaib.

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. (QS. 2:2-3)

Peristiwa Mi'raj membuktikan bahwa Ilmu Tuhan meliputi semua yang finit dan infinit, tanpa terbatas waktu ataupun ruang. Dia dapat melihat dan mendengar segala sesuatu. Peristiwa ini membuktikan Kekuasaan dan Otoritas Tuhan yang sekali lagi merupakan tantangan bagi kaum rasionalis seperti orang-orang Yunani yang yakin bahwa Ilmu Tuhan hanya terbatas bagi KehisupanNya Sendiri dan Dia tidak mengetahui segala sesuatu di luar DiriNya Sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar